12 Desember 2010

Shaft slip - RC helicopter tidak bisa terbang

Jangan panik kalau tiba-tiba heli tidak bisa terbang padahal blade berputar, ini bisa terjadi karena benturan keras. Coba periksa gear inner shaft dengan cara menahan gear kemudian memutar manual upper blade perlahan, jika blade berputar berart inner shaft slip. Ada dua kemungkinan letak slip nya, bisa di balancer holder atau gear.



Lepas balancer holder dari shaft, coba lagi menahan gear kemudian memutar manual inner shaft, jika slip berarti slip pada gear, jika tidak slip berarti slip nya terjadi pada balancer holder.

Jika slip terjadi pada balancer holder, pasang kembali balancer holder, perhatikan coakan pada shaft harus searah dengan baut.

Jika slip terjadi pada gear sebenarnya hanya perlu menurunkan gear dengan cara menarik gear kebawah sambil menahan balancer, tapi jika kejadian ini sering berulang, sebaiknya kedudukan gear diperkuat. Ada dua cara untuk memperkuat kedudukan gear pada shaft

  • Mencekik dudukan gear dengan benang atau kawat halus
  • Menggunakan lem super, caranya geser gear kira-kira 5mm dari kedudukan awal, oleskan shaft yang tempat dudukan, kemudian geser kembali gear ke posisi tersebut, sebaiknya diamkan 6 jam
Sementara gambar bisa lihat di  Bagian RC Helicopter 3ch






Artikel Terkait: