08 Januari 2011

Balancer patah

semangat utak atik lagi menghadapi balancer patah, kalau tidak mau repot bisa ganti dan pasang yang baru, kalau mau utak atik tulisan berikut sedit banyak bisa membantu.

Kemungkinan patah yang terjadi bisa di tiga tempat: pada ujung luar, tengah atau pangkal.

Perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan pengeleman menggunakan power glue atau lem epoxy. Untuk memperkuat sambungan bisa menancapkan pin di tengah kedua batang yang patah dan atau memberi shocket menyelubungi bagian yang patah.



Pemberian pin bisa dilakukan dengan cara: mengebor lubang di kedua batang balancer yang patah kurang lebih 5mm (tergantung besar batang balancer), kemudian teteskan power glue pada kedua lubang tersebut dan masukkan pin sekaligus melakukan penyambungan.
Pemasangan shocket dilakukan dengan menyelimuti bagian yang patah dengan pipa plastik atau PVC, tujuannya menambah kekuatan sambungan.

Jika bagian yang patah ujung bagian luar tepat di pemberat kemungkinan akan sulit melakukan penyambungan. Solusinya dengan tidak menyambung, tapi memberikan pemberat di bagian ujung dengan cara melilit kan timah solder dan diberi power glue agar letak lilitan tidak bergeser. Sebaiknya dilakukan juga pada sisi satu nya dengan memotong di posisi yang sama, tujuannya agar tetap seimbang.

Perlu diperhatikan, setelah selesai penyambungan sebaiknya keseimbangan kedua sisi balancer diamati, balancer yang tidak seimbang akan mengganggu kestabilan heli, biasanya bagian yang disambung akan lebih berat karena diberikan shocket dan atau pin, solusinya berikan shocket juga pada bagian yang tidak disambung, geser shocket tersebut sampai didapat keseimbangan.

seperti biasa, heli jangan langsung dimainkan, biarkan 24 jam atau lebih agar perekatannya sempurna.


Artikel Terkait: