10 April 2011

Aquarium ikan laut ternyata asik

Kenangan Aquarium Ikan Laut   1/4
Hanya salinan pengalaman belajar aquarium laut dari nol

(Maret 2007)

Akhirnya jadi juga hobby aquarium ikan laut, sebenernya saya mulai tertarik sejak di sekolah dasar, kebetulan dirumah teman yang sering saya kunjungi punya aquarium laut yang lumayan besar, dan lumayan bervariasi isinya. Saya hanya bisa mengagumi saat itu, terlalu banyak hal sehingga saya tidak mungkin punya aquarium ikan laut. Baru pada bulan Juni 2006 saya terpancing lagi akan ketertarikan itu setelah mengetahui bahwa di dekat rumah ada yang menjual ikan laut. Kebetulan bulan Juli anak saya semata wayang ulang tahun dan dia terobsesi sekali dengan ikan, jadi terpikir ‘apa salah nya memberi kado aquarium laut’.



Benar-benar dari nol besar saya memulai hobby yang satu ini, belum ada bahan bacaan, belum punya temen se-hobby, dan yang jelas belum punya ilmu apa-apa mengenai aquarium. Belajar pertama dari
tukang ikan, yang didapat 50% dikasih ilmu dan 50% lagi dibohongi supaya
dagangannya laku :-p.

Aquarium marine fish is cool
Karena bener-bener tidak mengerti, saya mulai dengan aquarium 12 liter, dengan hang-on external filter, dasar pasir laut, dua death rock, gue isi dengan ikan keling ijo, blue devil, blue band, zebra,
anemon pantat merah, cacing kelapa, udang mp dan hanya diberi makan pelet. Sambil lalu sambil belajar, hari ke-4 ikan didalamnya mati semua karena lupa menghidupkan filter setelah bersih-bersih. Saya coba lagi dengan ikan yang sama, alhamdulillah semuanya bertahan lebih dari dua bulan, setelah itu saya upgrade menjadi aquarium 140 liter dibulan Agustus 2006.

140 lt salt water aquarium


Artikel Terkait: