08 Mei 2011

Auto Detailing Sepeda Motor

Detailing memiliki banyak pengertian. Diantaranya mengartikan sebagai kegiatan mencuci, poles dan wax. Ada juga yang mengartikan sebagai kegiatan membersihkan, proteksi secara keseluruhan dan menjaga hasil yang sudah dicapai (Maintaining). Proses membersihkan meliputi pencucian (washing) dan polish, sedangkan proteksi dilakukan dengan wax atau sealant.

Saya masih pemula dalam detailling jadi hanya berbagi untuk pemula juga dan sementara khusus untuk sepeda motor, tulisan ini dan selanjutnya merupakan hasil membaca kesana sini serta pengalaman pribadi.
Untuk master-master detailing harap maklum ya . . . :D




Mencuci
Seperti nya merupakan hal sepele, tapi jika salah melakukannya bahkan akan merusak permukaan yang dibersihkan. Biasakan menggunakan shampo khusus untuk mencuci kendaraan karena sudah di buat khusus untuk merawat kendaraan dan pergunakanlah sponge dan kain yang tidak menggores cat.

Polish
Polish atau biasa disebut poles merupakan proses pengikisan sebagian permukaan cat, banyak bahan polish yang beredar dan memiliki tingkat pengikisan yang berbeda, dari jenis compound ultra cutting sampai penghilang swirl mark (goresan halus). Sesuaikan penggunaan polish ini dengan bagian yang dikerjakan. Untuk polish secara keseluruhan bisa dilakukan 2-3 kali dalam setahun.

Proteksi
Untuk permukaan cat yang sudah sempurna sebaiknya dilapisi dengan wax atau sealant sebagai pelindung agar dapat bertahan lebih lama, dan biasanya akan memberikan efek lebih mengkilap.
Untuk permukaan plastik, karet dan vinil sebaiknya diproteksi dengan menggunakan dressing atau plastic/vinyl protection.
Kegiatan proteksi ini bisa dilakukan sesering mungkin (1-2 bulan sekali)

Dari kegiatan-kegiatan diatas sebenarnya untuk pemula yang paling mendasar adalah proses mencuci, karena berhubungan langsung dengan perawatan hasil kerja, salah dalam mencuci maka semua hasil kerja lainnya tidak dapat bertahan lama.

Penjelasan masing-masih proses di posting berikunya saja ya :D


Artikel Terkait: