19 Mei 2011

Merawat Rantai Sepeda Motor

Rantai sepeda motor memiliki tugas yang sangat berat untuk meneruskan tenaga mesin sampai ke roda, dalam menjalankan tugas rantai juga langsung mendapat gangguan dari luar berupa debu dan terpaan air, hal ini dapat mempercepat keausan dan korosi, sehingga umur rantai menjadi berkurang. Berikut tips sederhana yang bisa dilakukan disela-sela waktu luang.


  • Bersihkan rantai
    Kebersihan rantai merupakan hal terpenting untuk mengindari aus yang disebabkan kotoran yang menempel. Kebanyakan rantai saat ini menggunakan o-ring di dalamnya sehingga sensitif terhadap larutan tertentu, untuk mengindari kerusakan o-ring sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus untuk rantai.
    Cara membersihkannya yaitu dengan memutar roda perlahan sambil menyemprotkan cairan pembersih ke bagian rantai pada sprocket belakang, biarkan 2-3 menit kemudian gunakan sikat gigi untuk membuang kotoran yang masih menempel, jika perlu semprotkan sekali lagi cairan pembersih lalu dilap. Membersihkan rantai sebaiknya dilakukan sebulan sekali atau tergantung dari kondisi penggunaan.
  • Lumasi rantai
    Melumasi rantai bertujuan memberikan pelumas agar mengurangi keausan dan melindungi dari korosi, gunakan pelumas yang khusus untuk rantai agar terhindar hal yang tidak diinginkan. Melumasi rantai sebaiknya dilakukan seminggu sekali atau lebih baik lagi setiap habis dicuci atau kehujanan.
    Putar roda secara perlahan sambil menyemprotkan pelumas rantai ke bagian rantai di sprocket belakang tepat pada pin rantainya.
    Lap kelebihan pelumas pada rantai dengan kain agar cairan pelumas tidak mengotori bagian-bagian sekitarnya.
  • Setel rantai
    Setelah selesai melumasi sebaiknya perikasa kekencangan rantai dan setel jika perlu.
Artikel Terkait: